Cangak abu



Ardea cinerea (Linnaeus, 1758) 
I: Grey Heron

Deskripsi:
Cangak abu merupakan burung yang berukuran besar (92 cm) yang berwarna putih, abu-abu dan hitam. untuk yang dewasa memiliki ciri garis mata, jambul, bulu terbang, bahu, dan dua buah garis hitam pada dada, kepala, leher, dada, dan punggung putih, dengan beberapa coretan kebawah, bagian yang lain abu-abu. kepala burung muda lebih abu-abu dan tidak ada warna hitam. Iris kuning,paruh kuning kehijauan, kaki kehitaman.

Habitat dan Kebiasaan :
Ardea cinerea biasanya hidup pada habitat lahan basah di seluruh sunda besar. Um­umnya tersebar di daerah laut, tetapi kadang juga di temukan di danau-danau di pedalaman sampai ketinggian 900 m. Di Kalimantan di­duga hanya sebagai pengunjung. Ardea cinerea mencari ikan dengan cara menyusurkan kepala dan paruh. Biasanya burung ini berdiri dengan satu kaki saat menunggu ikan, invertebrata dan mamalia kecil yang lewat. Kepakan sayap berat.  Beristirahat di atas pohon. Berbiak dalam koloni, kadang bercampur dengan kuntul, pecuk-ular dan blekok sawah. Sarang koloni biasanya terletak di dekat perairan tawar maupun asin. Jumlah telur 3-4 butir setiap periode berbiak, diletakkan pada sarang yang tersusun dari tum­pukan ranting pada puncak kanopi pohon yang tinggi.

Persebaran dan Status:
Daerah persebarannya meliputi Afrika, Erasia, sampai Filipina dan Sunda. Status kon­servasi untuk Ardea cinerea adalah daftar merah IUCN: Resiko rendah. 

Flight

in Nest


Tidak ada komentar:

Posting Komentar