PELANTIKAN BIOLOGICAL BIRD CLUB “Ardea” (BBC) CIKANIKI, TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK

Biologi Bird Club (BBC) mengadakan pelantikan anggota baru untuk mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2016/2017 Universitas Nasional di Cikaniki atau kampung Citalahab, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, pada Jum’at, 24 Maret 2017. Kegiatan pelantikan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anggota baru  tentang bagaimana cara pengamatan burung di habitat aslinya serta mampu mengidentifikasi burung tersebut.  Cikaniki atau kampung Citalahab merupakan sebuah perkampungan tradisional sunda yang berada paling timur kabupaten Bogor berbatasan dengan Sukabumi. Berdasarkan sosialisasi  sebelumnya, mahasiswa biologi angkatan 2016 berkumpul di Taman Universitas Nasional Jumat, 24 Maret 2017 pukul 10:00 WIB. Kami meninggalkan kampus sekitar pukul 10:30 WIB.
Selama di perjalanan tronton yang kami tumpangi melewati jalanan yang berlubang dan penuh bebatuan. Rombongan kami tiba di Cikaniki pukul 17:00 WIB, kami langsung membuat sebuah tenda untuk tempat beristirahat. Sesudah membuat tenda kami memasak dan sholat , secara bergantian. Sekitar pukul 20:30 WIB kami semua berkumpul untuk menyimak cerita seputar Cikaniki dan teori burung diurnal dan nocturnal. Sehabis kami menyimak cerita kami kembali ke tenda untuk beristirahat.
Hari kedua pelantikan Sabtu, 25 Maret 2017 kami bangun pukul 04.30 WIB. Sebagian dari kami ada yang sholat subuh dan adapula yang membuat sarapan, kami melakukannya secara bergantian. Pukul 06:30 kami semua melakukan pengamatan serta mengindentifikasi burung yang sudah ditemukan. Selama pengamatan kami menemukan banyak burung, salah satunya wergan jawa (Alcippe pyrrhoptera) burung ini adalah salah satu burung endemik jawa. Di tengah-tengah pengamatan kami beristirahat di Stasiun Penelitian Cikaniki.

Disana kami makan, lalu diberikan materi fotografi dan macam-macam suara burung. Selama perjalanan kami masih menemukan banyak jenis burung, salah satunya adalah burung elang hitam (Ictinaetus malaiensis). Pukul 16:00 WIB kami tiba di tenda, sebagian dari kami ada yang langsung memasak dan adapula yang sholat. Setelah melakukan itu semua, kami diperintahkan untuk membuat mading yang akan dipresentasikan esok hari. Di malam harinya, kami mengikuti kuis mengidentifikasi nama burung. setelah mengikuti kuis kami kembali ke tenda untuk beristirahat.
Hari ketiga pelantikan Minggu, 26 Maret 2017 seperti biasa bangun pukul 04:30 WIB untuk melakukan sholat dan memasak sarapan pagi secara bergantian. Di hari terakhir pelantikan, kami melakukan presentasi tentang burung yang kami anggap menarik. Setelah itu, kami sebagai peserta dikumpulkan disebuah tanah kosong yang berbatasan dengan sawah. Kami diperintahkan untuk mencari gambar burung dan mengidentifikasi nama burung tersebut. Satu persatu dari kami bisa mengidentifikasi burung, tetapi dari kami ada 3 orang yang tidak bisa, sehingga diluluskan secara bersyarat.
 Sehabis itu kami semua bersiap-siap untuk pulang dan makan siang bersama. Kami meninggalkan Cikaniki pukul 11:00 WIB. Perjalanan menuju kampus lebih lama dibanding saat berangkat, karena bersamaan dengan hari libur yang menyebabkan jalan padat merayap. Kami sampai di kampus sekitar pukul 20:00 WIB dengan selamat.