Pengamatan Burung Bareng baersama BBC “Ardea” di Taman Margasatwa Ragunan




Halo semua... kembali lagi bersama kami dengan BBC “Ardea” dengan kegiatan PBB (Pengamatan  Burung Bareng) yang seru dan pastinya menambah ilmu kita dalam hal perburungan. Pengamatan kami kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2018 yang bertempat di Taman Margasatwa Ragunan. Seperti biasa pengamatan kali ini mulai pada pukul 07.00 di bagi dua jalur dan bertemu di titik  akhir yaitu kandang kudanil pada pukul 12.00.
Pengamatan seperti sebelumnya kami hanya mengikuti jalur yang ada dan mengamati pepohonan sekitar. Hari sabtu yang cukup ramai pada pengamatan kali ini. Namun tidak memungkiri kami tidak mendapatkann data. Cukup beragam burung yang kami dapatkan kali ini. Seperti  Cucak kutilang, Kipasan belang, Cabe jawa, Madu sriganti, Kerak ungu, Cinenen pisang, Kerak kerbau, Kakak tua jambul kuning, Kareo padi, Raja udang meninting dan masih banyak lagi.
Burung yang menarik perhatian kami adalah Raja udang meninting yang mempunyai bulu berwarna menarik yaitu mempunyai warna punggung biru metalik dengan tubuh bagian bawah berwarna merah-jingga terang, penutup telinga biru mencolok, dengan iris coklat, paruh kehitaman dan memiliki kaki berwarna merah. Dimana kami mendapatkan burung ini di kandang buaya yang sedang bertengger di ujung pagar dan kami melihatnya hanya satu individu. Kami menemukan Raja udang meninting pada pengamatan terakhir saat menuju kandang kudanil.



Tak terasa waktu pun cepat menunjukkan pukul 12.00 dan kami siap bergegas menuju titik akhir. Saatnya kami melakukan sharing barsama anggota BBC “Ardea” setelah pengamatan. Sharing mengenai bagaimana pengamatan hari ini dan masih banyak lagi. Cukup banyak hal yang kami `dapatkan hari ini. Dan kegiatan kami kali ini di tutup dengan foto bersama. 


Penulis : Ayu Tantri Winna Asmara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar