Serunya Pengamatan Migrasi Raptor


Jakarta – Tidak selalu akhir pekan hanya digunakan untuk bersantai di rumah. Namun akhir pekan dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan. Seperti kegiatan pengamatan migrasi burung raptor (burung pemangsa) yang dilaksanakan di Bukit Paralayang Bogor. Pengamatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat maupun kelompok  yang peduli dengan kelestarian burung

Biological Bird Club “Ardea” Universitas Nasional (BBC “Ardea” UNAS) merupakan salah satu kelopok pengamat burung yang ikut dalam kegiatan ini. Organisasi yang diketuai oleh Gusti Wicaksono sudah melakukan kegiatan ini sejak tahun 2013. Menurut Gusti, kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh BBC “Ardea” UNAS untuk memantau burung-burung raptor migran yang melewati Indonesia.



Kegiatan Pengamatan Migrasi Burung Raptor  BBC “Ardea” UNAS

Selain itu, menurut Bagus Satrio mengungkapkan kegiatan ini sangat menyenangkan karena selain bisa menikmati keindahan burung kita juga bisa melihat perilaku mereka.

Kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu, 25  Oktober 2014 tercatat 500 individu yang melewati kawasan tersebut. Jenis burung yang ditemukan antara lain Elang-alap Cina (Accipiter soloensis), Elang-alap Jepang (Accipiter gularis) dan Sikep-madu Asia (Pernis ptilorhynchus) dan Alap-alap Kawah (Falco peregrinus). Selain itu, terdapat elang penetap daerah Bukit Paralayang Bogor yaitu Elang Hitam (Ictinaetus malayensis) dan Elang Jawa (Nisaetus bartelsi).


                                                              Elang-alap Jepang (Accipiter gularis)

Tidak hanya mengamati migrasi burung raptor, kegiatan ini juga dijadikan ajang pertemuan pecinta konservasi burung seperti kelompok Nycticorax Universitas Negeri Jakarta, UKF Intitut Pertanian Bogor dan masyarakat umum untuk melakukan sharing informasi bersama. Adanya kegiatan ini, diharapkan terus berlanjut dan adanya dari dukungan beberapa pihak untuk mengkonservasi burung di Indonesia. (Afifi R)

Foto : Adam, Gusti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar