Si Cantik Hijau Punai Gading

Ciri-ciri umum burung punai gading adalah berukuran sedang yaitu 26 cm dan bulunya didominasi oleh warna hijau. Jantan dan betina burung punai dapat dibedakan dengan melihat bagian morfologi. Untuk individu jantan warna bulu kepala abu-abu kebiruan, sisi leher, tengkuk bawah dan garis melintang pada dada berwarna merah jambu. Dada bagian bawah jingga, perut hijau dengan bagian bawah kuning, sisi-sisi rusuk dan paha bertepi putih, penutup bagian bawah ekor coklat kemerahan. Punggung hijau, bulu-bulu penutup sayap besar. Ekor abu-abu dengan garis hitam pada bagian subterminal dan tepi abu-abu pucat. Individu betina berwarna hijau, tanpa warna merah jambu, abu-abu, dan jingga seperti pada jantan, iris berwarna merah jambu, paruh abu-abu biru dengan pangkal hijau dan kaki merah.


Punai gading jantan


Punai gading betina
Klasifikasi burung punai gading adalah:
Kerajaan: Animalia
Filum:Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Colombiformes
Famili: Colombidae
Genus: Treron
Spesies: Treron vernans

Aktivitas harian burung punai gading sering di pohon buah (seperti pohon beringin dan kersen) untuk mencari makan dan cendrung hidup berkelompok. Saat terganggu, punai gading terbang berdua atau bertiga dengan kepakan sayap yang keras. Pada pagi dan malam hari burung punai mengeluarkan suara mendengkur  lembut yang rendah dari tempat bertengger dengan suara "Oooo-ooo cheweeeo-chewoo" dan pada saat makan punai mengeluarkan suara "krrak, krrak". Umumnya punai gading bersarang pada ranting datar tipis, di semak-semak deket permukaan tanah. Punai gading bertelur minimal 2 butir berwarna putih dan akan berbiak setiap waktu.


Habitat burung punai gading meliputi kawasan hutan pantai, hutan mangrove, hutan sekunder, hutan rawa-rawa,perkebunan yang terdapat pohon yang jarang di sekitar pemukiman, tempat-tempat terbuka dan lembah sampai ketinggian 1200 mdpl. Penyebaran punai gading sangat global yang meliputi kawasan Indocina, Semenanjung Malaysia, dan Filipina sedangkan lokal di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Oleh: Dyah Pramudhawardani
Edited: Nan_parinters
Foto: Nan_parinters dan Mutia Rahmawati








1 komentar: