International Conference on Biodiversity For Life : Sustainable Development of Indonesia Biodiversity


Foto Bersama Anggota dan Pembina BBC "Ardea"

  
Jakarta, BBC Ardea  ̶ Konferensi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam merayakan Dies Natalis ke-70 Tahun Universitas Nasional dan juga Fakultas Biologi-UNAS, dengan mengusung tema  "Sustainable Development of Indonesia Biodiversity" yang berarti Pembangunan Berkelanjutan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Tujuan dari konferensi ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran kita bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat berlimpah dari negara-negara lain di dunia, sehingga kita harus melestarikan kekayaan alam negara kita dengan bijak dan memanfaatkannya secara berkelanjutan.

Konferensi ini dilakukan dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan oleh rekan-rekan peneliti tentang keanekaragaman hayati Indonesia baik untuk menilai kondisi ekologis, mengungkap potensi dan berbagai perkembangan keanekaragaman hayati yang telah dilakukan oleh para peneliti.  

Kegiatan ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa sebagai pembuka oleh Fahmi Aulia – Mahasiswa biologi angkatan 2016, agar nantinya acara ini dapat berlangsung dengan lancar. Selanjutnya konferensi ini menghadirkan pembicara utama, yaitu Prof. Dr. Dedy Darnaedi, yang sangat akrab bagi kita semua. Dia juga seorang alumni Fakultas Biologi-UNAS. Presentasinya pada konferensi ini adalah tentang "Keanekaragaman dan Keindahan Pakis Tropis: Paradigma baru dalam mengelola Keanekaragaman Hayati Indonesia" dan juga menampilkan 5 pembicara yang diundang dalam konferensi ini dari akademisi, LSM, dan sektor wisata, yaitu:

  • Ibu Prof. Dr. Ernawati Sinaga, MS.Apt. (Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama - UNAS)
  • Bapak Prof. Dr. Imam Widhiono MZ (Dekan Fakultas Biologi, Universitas Soedirman, Purwekerto)
  • Tn. Robert Butler Stuebing M.A. (Penasihat Teknis, REA Holdings / PT. REA Kaltim)
  • Bpk. Bernart Ripoll Capilla (Wakil Direktur Yayasan Alam Kalimantan)
  • Bpk. Godwin Limberg (Manajer Regional PT. Daemeter Consulting)
Dari 39 peserta yang mengikuti konferensi ini baik dari lokal maupun international, BBC “Ardea” mengirim 2 tim delegasinya dan 2 perwakilan dari masing-masing tim tersebut untuk berkesempatan menyampaikan hasil penelitian nya tentang keanekaragaman hayati diantaranya yaitu Seno Wicaksono yang membawakan presentasinya dengan judul “Bird Community and Density in the Morning and Afternoon at Situ Patenggang Nature Reserve West Java” dan Niken Rahmawati dengan presentasinya yang berjudul “Bird Species Diversity in Various Habitat Types at Situ Patenggang Nature Reserve and Nature Tourism Park, Bandung, West Jawa” 


Seno Wicaksono yang sedang mempresentasikan hasil penelitian nya
Niken Rahmawati yang sedang mempresentasikan hasil penelitian nya


BBC “Ardea” sendri telah melakukan monitoring burung hutan di kawasan Situ Patenggang, Kab. Bandung, Jawa Barat selama 4 hari. Monitoring ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keanekaragaman hayati dikawasan tersebut terutama pada spesies burungnya.

Selain itu ada rekan kami dari anggota BBC "Ardea" yaitu Kak Fauzan Cholifatullah atau sapaan akrabnya Kak Ojan, yang juga ikut memaparkan hasil penelitian nya sendiri dalam konferensi ini dengan judul Bird Biodiversity Protected in Industrial Forest and Primary Forest Areas, Biosphere Reserves Area Giam Siam Kecil-Bukit Batu, Riau.


Kak Fauzan yang sedang mempresentasikan hasil penelitiannya

Dengan adanya konferensi ini diharapkan semoga bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat menjaga komponen ekosistem demi keseimbangan kehidupan di bumi.

Penulis : Justika Ayu Adelia
Kontributor Foto : Annisa Haryanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar