Mengenal Avifauna bersama Biological Bird Club “Ardea” Fakultas Biologi UNAS

Biological Bird Club "Ardea" Fakultas Biologi UNAS atau disingkat BBC "Ardea" merupakan kelompok studi dibawah naungan Fakultas Biologi UNAS, anggotanya terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Biologi yang memiliki visi dan misi fokus untuk melestarikan dan mengkampayekan satwa liar di alam salah satunya burung.Burung merupakan hewan berbulu yang indah nan cantik serta mengagumkan. Keberadaannya sangat penting di alam, hal ini dikarenakan burung berperan sebagai indikator baik atu buruknya suatu lingkungan.


 Pengamatan Burung 
BBC “Ardea” setiap tahunnya memberikan penyuluhan kepada  mahasiswa dan mahasiswi baru yang tergabung dalam Fakultas Biologi UNAS. Penyuluhan tersebut meliputi pemberian materi dan praktik di lapangan. Beberapa hal yang disampaikan seputar Avifauna serta metode pengamatan di lapangan.  Untuk praktik dilapangan, biasanya melakukan pengamatan burung di Ruang Terbuka Hijau

 Materi Pengenalan Dasar Burung oleh Haris dan Mutia 

Pengamatan Burung disekitar Wilayah Kebun Binatang Ragunan

 
Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah kawasan yang didominasi oleh tumbuhan yang mempunyai fungsi untuk sarana konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, untuk keindahan kota itu sendiri serta untuk menunjang kelestarian air, udara dan tanah seperti di Kebun Binatang Ragunan.

Jenis burung liar yang berada di Kebun Binatang Ragunan diantaranya yaitu Burung Raja Udang Meninting (Alcedo meninting), Kepudang-kuduk Hitam (Oriolus chinensis), dan Cucak Kutilang (Pycnonotus aurigaster) dan Burung-madu Sriganti (Nectarinia jugularis).

 Burung-madu Sriganti (Nectarinia jugularis)

 Kepudang-kuduk Hitam (Oriolus chinensis)


Burung Raja Udang Meninting (Alcedo meninting)

Oleh : Ahmad Baihaqi
Foto : Ahmad Baihaqi dan Jihan Fahira




Tidak ada komentar:

Posting Komentar