Sambut Hari Bumi 2017, BBC 'Ardea' Lakukan Pengamatan dan Pembelajaran Suara Burung






Dalam rangka memperingati Hari Bumi, tanggal 22 April 2017, anggota BBC “Ardea” mengadakan pengamatan burung dan belajar suara burung di Kebun Raya Bogor. Adanya peringatan Hari Bumi ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terutama sesama anggota terhadap bumi. Sehingga, BBC “Ardeayang bergerak dibidang konservasi burung dan habitatnya mencoba mengajak anggota BBC “Ardea” untuk lebih memerhatikan lingkungan sekitar terutama keadaan burung-burung di Kebun Raya Bogor.
Tepat pada pukul 09:00 kami tiba di Kebun Raya Bogor. Anggota yang hadir ada 12 orang. Kami awali pengamatan pada saat itu dengan berdoa agar senantiasa selalu dalam lindungan-Nya. Kami membagi menjadi dua kelompok, untuk melakukan pengamatan menyusuri arah yang berlawanan (kanan kiri) dari arah pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Pengamatan dilakukan dengan metode VES (Visual Encounter Survey), pengamat berjalan mengikuti jalur yang sudah ada, dan mencatat burung yang dijumpai. Pengamatan ini pula bermaksud untuk melatih kemampuan pengamatan burung dan identifikasinya bagi anggota baru.
Di tengah perjalanan pengamatan, tiba-tiba saja hujan. Namun, hujan tidak berlangsung lama, sehingga kami tetap bisa melakukan pengamatan. Dari hasil yang didapat, kami memperoleh data sebanyak 20 jenis burung. Beberapa burung yang menarik perhatian kami, yaitu burung Walik Kembang, Cekakak Sungai, Kepundang Kuduk Hitam, Raja Udang Meninting, Kowak Malam Abu dan Empuloh Janggut.



Selesai pengamatan burung, dilanjutkan dengan belajar mengenal suara burung. Tujuan dari belajar suara burung ini adalah untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan tentang burung. Sehingga,  kita lebih peka lagi saat mendengar suara burung dan dapat mengetahui jenis burung. Walaupun suara burung itu bukan termasuk data utama (primer) melainkan data tambahan (sekunder) dalam pengamatan atau penelitian. Karena menurut beberapa litaratur ada beberapa jenis burung yang dapat menirukan suara burung lainnya, seperti jenis-jenis burung Wiwik. Kami mempelajari berbagai jenis suara burung, seperti suara burung Rangkong Gading, Wiwik Kelabu, Cekakak Sungai, Kepundang Kuduk Hitam, Tekukur Biasa dan Kareo Padi.
Akhir dari kegiata ini, ditutup dengan sesi foto bersama-sama. Semoga dengan seringnya kita melakukan pengamatan dan pemberian materi seputar dunia ornitologi akan membuat kita semakin mengenal burung-burung yang ada disekitar kita dan dapat peduli dengan keberadaan mereka, karena mereka layak hidup dimuka bumi ini sama seperti halnya dengan kita. Maka dari itu marilah kita jaga alam sekitar kita agar kita bias selalu menikmati keindahan alam yang tercipta dimuka bumi ini. Selamat Hari Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar