BBC “Ardea” Fakultas Biologi UNAS Rayakan Hari Bumi Sedunia tahun 2017 di Taman Ayodya dan Taman Langsat, Jakarta Selatan



Dalam rangka perayaan hari bumi sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 April, BBC “Ardea” Fakultas Biologi UNAS berkolaborasi dengan komunitas Jakarta Birdwatcher Society (JBS) dan “ayo ke taman” dengan mengadakan berbagai kegiatan, diantaranya yaitu pengamatan burung di Taman Ayodya dan Taman Langsat, Jakarta Selatan.
Fungsi sebuah taman kota salah satunya sebagai penyeimbang kota, dengan rerimbunan pepohonan di dalamnya, taman kota dapat menjadi paru-paru kota. Selain itu, taman kota juga berfungsi sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat.        
Kegiatan dimulai pukul 09.00 - 12.00 WIB diawali dengan sambutan dari salah satu perwakilan dari komunitas “ayo ke taman”. Kemudian, para peserta yang hadir dibagi menjadi dua kelompok kecil, yaitu kelompok satu di Taman Langsat, sedangkan kelompok dua di Taman Ayodya untuk melakukan pengamatan flora dan fauna, dan sarana dan prasarana yang terdapat di kedua taman tersebut. Masing- masing kelompok mencatat flora dan fauna yang berhasil dijumpai, kondisi sarana dan prasarana di masing-masing taman.





        www.soulofjakarta.com



Selain itu, tiap kelompok juga menulis saran atau masukan terhadap keadaan kedua taman tersebut dan kemudian sarana atau masukan tersebut akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Kehutanan, Pertamanan, dan Pemakan Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Taman Langsat dan Taman Ayodya menjadi taman yang sesuai dengan kriteria ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta, sehingga tidak hanya sebagai taman biasa, tetapi juga menyediakan sarana dan prasarana untuk edukasi sehingga dapat menarik masyarakat untuk beraktivitas di taman.
            Setelah mencatat flora dan fauna, serta sarana dan prasarana pada masing-masing taman, kemudian masing-masing kelompok berkumpul di Taman Langsat untuk mempresentasikan hasil pengamatan yang sudah dilakukan. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan pembagian buku yang berjudul “Kota Layak Huni” yang ditulis oleh salah satu anggota komunitas “ayo ke taman” serta sertifikat kepada para peserta yang hadir.
Harapan kegiatan ini adalah semoga pemerintah provinsi DKI Jakarta tidak hanya menambah luasan RTH di Jakarta, tetapi juga dapat mengelolanya sehingga keberadaan RTH dan keanekaragaman hayati di dalamnya dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan.


Penulis : Suci P

Editor : Abay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar