Penghuni Pantai Trisik

Sterna bergii (Lichtenstein, 1823)
I: Great Crested-Tern/Dara laut jambul


Gambar 1. Dara laut jambul -  Sterna bergii (Gusti Wicaksono, 2014)
Dara laut jambul Sterna bergii adalah spesies burung dari keluarga Sternidae dengan genus Sterna yang memiliki habitat di perairan dekat pantai dan di sekitar pulau-pulau karang kecil. Dara laut jambul memiliki tubuh berukuran 45 cm. Ciri-ciri dara laut jambul adalah berjambul, pada musim panas mahkota dan jambul berwarna hitam, berubah menjadi berbintik putih pada saat peralihan ke musim dingin. Pada musim dingin mahkota menjadi putih dan jambul berbintik abu-abu. Tubuh bagian atas berwarna abu-abu, sedangkan bagian bawah berwarna putih. Iris berwarna coklat, paruh berwarna kuning da kaki berwarna hitam. Burung muda mempunyai warna lebih gelap dari pada burung dewasa. 

Dara laut jambul mencari ikan dalam kelompok kecil, terdiri dari 2-3 ekor, kadang-kadang bersama dara laut jenis lain. Penyelam yang agak kikuk. Beristirahat di pantai, pelampung, dan bagan pemancingan, atau pada benda terapung di air. Sering tebang sampai agak jauh ke tengah laut. Makanan utamanya ikan pelagic dan ikan kecil lainnya, tapi terkadang juga memakan ubur-ubur, kepiting, serangga, anakan penyu, dan mangsa perairan lainnya. Biasanya mencari makan secara berkelompok, terbang beberapa meter di atas permukaan laut kemudian menukik untuk menyelam dan menyambar mangsa. Teretori pakannya biasanya dalam radius 3 km dari koloni.

Gambar 2. Kelompok dara laut jambul - Sterna bergii (Gusti Wicaksono, 2014)
Cendrung berbiak dalam koloni yang besar dan padat atau dalam kelompok kecil yang bergabung dengan koloni sarang burung pantai lainnya. Hanya berbiak sekali dalam setahun, dengan jumlah telur 1-2 butir yang dierami selama 25-30 hari. Anakan mulai meninggalkan sarang dan belajar terbang pada umur 38-40 hari, tetapi tetap ikut dan bergantung pada induk sampai berumur 4 bulan.

Dara laut jambul masuk dalam daftar merah IUCN : Resiko rendah (LC). Penyebaran secara global dara laut jambul tersebar mereta di Samudra pasifik, Tanjung Persia, L. Pasifik tropis, pantai-pantai Australia, Afrika selatan. Penyebaran secara local tersebar di pulau-pulau karang kecil di Sunda besar, Pulau Krimun Jawa, dan Sumatera.

Oleh: Dyah Pramudhawardani
Foto: Gusti Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar