Sisa Kicauan Di Jakarta

Sisa Kicauan Di Jakarta

Gambar 1: Gagak Kampung (Haris Zakian Husein)

Gambar 2: Blekok sawah (Panji B Surata, 2014)

   Apakah kalian tau Ecopark ? Ecopark berada didalam kawasan taman impian jaya ancol dengan luas 34 hektar yang terletak di daerah Jakarta Utara yang mengalihfungsikan padang golf menjadi kawasan rekreasi yang menawarkan wisata edukasi. Banyak dijumpai aktifitas kawanan burung dengan berbagai macam aktifitas seperti bertengger, berkicau, mencari makan dan bersosialisasi dengan burung lain di pepohonan serta terbang kesana kemari yang mewarnai suasana aktifitas pengunjung di Ecopark.

   Di Ecopark banyak terdapat pohon yang dimanfaatkan bagian-bagiannya oleh burung untuk sumber makanan bagi mereka seperti bunga, biji, buah dan batangnya dimanfaatkan untuk beristirahat, bersosialisasi satu sama lain hingga bersarang. Beberapa pohon yang biasa di manfaatkan oleh burung adalah flamboyan ( Bougainvillea glabra ), petai cina ( Leucaena leucocephala ), beringin ( Ficus benjamina ), ceremai ( Phyllanthus acidus ). Burung-burung sering dijumpai memanfaatkan pepohonan sebagai tempat mencari makan seperti burung cucak kutilang, cabai jawa, punai gading dan blekok sawah. Tidak semua burung mencari makanan serta tempat untuk bersarang, di ecopark banyak juga ditemukan burung yang mencari makan ditanah contohnya burung gereja dan burung merbah crukcuk.


Gambar 3: Tim BBC Ardea mengamati dekat dengan aliran sungai


Gambar 4: Mengamati burung trinil pantai

   Kami juga menemukan 4 individu Trinil pantai ( Actitis hypoleucos ) di daerah danau. Trinil pantai yang beraktifitas mencari makan dan bersosialisasi dengan mengeluarkan kicauan "twii-wii-wii-wii" kepada trinil pantai lainnya. Burung memang makhluk yang memiliki beberapa keunikan mulai dari kicauan, warna bulu, bentuk paruh, cara terbang dan ukuran mulai dari kecil hingga yang besar.

Oleh: Dyah Pramudhawardani
Foto: Haris Zakian Husein, Panji B Surata dan Ahmad Baihaqi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar