Wergan Jawa (Alcippe phyrrhoptera)

Indonesia merupakan negara yang mempunyai keanekaragaman jenis burung yang tinggi dengan jumlah sekitar 1598 jenis (17 %) dari total burung di dunia Indonesia menduduki peringkat keempat setelah Kolombia, Zaire dan Brazil. Jumlah burung endemik sebanyak 372 jenis (23,28 %) dan 149 (9,32 %) jenis burung migran. Namun pengelolaan sumber daya alam ini belum dilakukan secara optimal, sehingga beberapa jenis burung terancam punah. Penyebab utamanya adalah hilang atau rusaknya habitat dan perburuan untuk perdagangan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui keberadaan dan kekayaan sumber daya hayati pada suatu wilayah atau suatu habitat sehingga dapat diambil langkah-langkah untuk mengatasi ancaman yang dihadapi habitat tersebut.
Klarifikasi ilmiah :
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Passeriformes
Famili : Timaliidae
Genus :  Alcippe
Spesies :  A. pyrrhoptera
(Bonaparte,1850)

                                      Gambar Wergan Jawa (Syahputra Putra,2014)

MORFOLOGI


Adapun ciri-ciri dari  Wergan jawa yaitu  memiliki tubuh berukuran kecil (14 cm). Tubuh bagian atas merah karat, kepala sedikit keabu-abuan, tunggir dan penutup ekor atas merah karat, tenggorokan putih abu-abu, tersapu kuning tua, dada dan perut kuning tua, keputihan di bagian tengah, kuning coklat pada sisi lambung dan penutup ekor bawah, iris coklat, paruh coklat, kaki coklat. Hidup dalam kelompok kecil, jarang berbaur dengan jenis lain serta memiliki suara panggilan agak keras dan melodis “ci-ci-ci-ciwiwit” atan buu-ray-ciy-cit”.
Sarang berbentuk cawan tidak rapat, menempel pada cabang horisontal, dekat permukaan tanah. Telur berwarna merah jambu pucat, bercoret dan bintik merah, jumlah 2 butir. Berbiak sepanjang tahun, kecuali bulan September.

EKOLOGI

Habitat
Wergan Jawa memiliki habitat di hutan, pinggir hutan, dan gunung. Tersebar diatas ketinggian 1.000 mdpl. Hidup dalam kelompok kecil dan jarang berbaur dengan jenis lain.

Penyebaran
Penyebaran burung ini ada di  Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah. Dan penyebaran lokal ada di Medini, Limbangan, Kendal: hutan primer.



Sumber Acuan :
BirdLife  International (2012). “Alcippe phyrrhoptera”.  IUCN Red List Of Threatened Species. Version 2012.1. Internasional Union for Conservation of Nature. Diakses 16 juli 2012.
Kutilang Indonesia,(2014) “Wergan Jawa” (Online),
(www.kutilang.or.id/2014/01/24/wergan-jawa/. Diakses pada 24 Januari 2014)
SBC,(2009)  “Semarang Bird.Web” (Online).
(http://bio.undip.ac.id/sbw/spesies/sp_wergan_jawa.htm . Diakses pada 28 Maret 2017 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar